Nonton TV, buang waktu sia-sia??

29 06 2009

”Aku ingin cepat dapat kerja. Kalo bisa kerjaan yang bisa digarap di rumah, males kalo musti kerja kantoran yang rutin berangkat pagi pulang sore.” Begitu kata saudara saya yang baru lulus kuliah.

”Coba bisnis jaringan!” jawab saya enteng.

Saya sudah buktikan, bisnis ini memang berpotensi menghasilkan banyak uang. Dan, yang terpenting tidak ribet. Kita bisa atur waktu kerja sendiri. Fleksibel. Tidak takut bangun kesiangan dan terlambat masuk kantor. Juga, tidak ada bos atau atasan yang rewel. Enak bukan? Nah… lebih enak lagi, kalo ada yang masih suka kerja dengan orang, pekerjaan membangun jaringan distribusi juga bisa kamu kerjakan paruh waktu, bisa dimana saja, dan kapan saja.

Tidak usah bingung mulai dari mana. Mulai dulu dari komitmen yang kuat. Tapi, pasti awalnya Anda akan bertanya-tanya, ”Sanggupkah saya jalankan bisnis semacam ini?” Ini mudah, Anda cuma butuh fokus! Ya FOKUS! Curahkan perhatian sepenuhnya. Tinggalkan pekerjaan lain yang tidak menjanjikan hasil besar, (ganti kendaraan anda).

Jika masih ragu, ikuti apa yang dulu dilakukan orang-orang yang sudah berhasil di bisnis Jaringan itu. Pertama, hitung dulu penghasilan yang bisa anda peroleh. Lalu, renungkan apa yang diharapkan dari pekerjaan ini. Apakah dalam 6 bulan pekerjaan ini sudah bisa memberikan hasil? Dan, apakah pekerjaan ini bisa terus berlangsung?

Setelah menceburkan diri di bisnis ini, anda harus pintar mengatur peluang. Manfaatkan waktu dan kesempatan yang Anda miliki. Pandailah menghitung keuntungan dari setiap kegiatan yang anda lakukan. Misalnya, menonton TV sepulang kerja, main catur dengan kawan, karambol, nongkrong membicarakan hal-hal yang tidak tepat, gunakan waktu senggang (luang) itu untuk mengembangkan hal-hal yang produktif, baik itu follow up, maupun prospekting.

Bagi banyak orang, menonton TV itu tidak merugikan karena kita bisa terhibur. Tapi pernahkah anda sadari, dengan menghabiskan waktu menonotn TV, anda telah menyia-nyiakan aset yang sebenarnya bisa anda bangun untuk kehidupan kedepan yang lebih baik.

Nah pertanyaanya, maukah anda, relakah anda mengorbankan kebiasaan yang selama ini biasa anda lakukan? beranikah anda mengorbankan waktu yang seharusnya anda gunakan untuk santai dan sekarang anda gunakan untuk kesibukan yang tentunya sangat menjemukan, membosankan dan menjengkelkan?

Cobalah anda bayangkan, dengan melakukan kegiatan nonton TV di rumah, setiap hari kita memiliki peluang untuk membuang waktu secara percuma. Nonton TV selama 5 jam setiap hari, sama dengan menggunakan waktu 5 x 30 = 150 jam setiap bulan. Sama dengan 1800 jam setiap tahun. Berarti anda telah membuang 75 hari waktu yang sebenarnya bisa anda gunakan untuk produktif. Tanpa TV, sebenarnya anda bisa gunakan waktu anda untuk mengurusi bisnis baru anda.

Satu lagi yang sering luput dari perhatian kita adalah efek iklan. Iklan-iklan yang membombardir kita setiap hari bisa membuat kita bertindak boros. Ada iklan produk baru dan tempat makan baru, kita pasti ingin coba. Dan, sudah pasti kita mengeluarkan biaya tambahan untuk ongkos coba-coba ini. Biaya ini saya sebut biaya kesempatan. Semakin sedikit Anda membuka kesempatan, semakin sedikit pengeluaran Anda.

Nah, gambaran tentang tv di atas berguna bagi anda yang akan memulai bisnis internet. Mengapa Anda melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak banyak bermanfaat? Padahal, di waktu yang sama Anda bisa menghasilkan uang. Setuju?

Saya menghasilkan 75 juta per bulan, hanya dengan menggunakan waktu produktif 2-4 jam per hari. Waktu yang hampir sama dengan yang orang gunakan untuk menonton TV.

Agar waktu Anda lebih efektif, saya punya cara menyeleksi kegiatan-kegiatan bermanfaat. Sebelum melakukan suatu hal, sebaiknya kita pikirkan,

* Apakah pekerjaan ini akan segera menghasilkan uang?
* Berapa banyak potensi yang bisa dihasilkan?
* Berapa lama waktu yang diperlukan?
* Pekerjaan penting apa yang juga bisa kita lakukan bersamaan dengan pekerjaan ini?
* Efektikah jika kita serahkan pekerjaan ini pada pihak lain?
* Pengeluaran apa saja yang kita keluarkan untuk pekerjaan ini?
* Apakah pekerjaan ini termasuk berjangka panjang? dan bahkan bisa diwariskan kepada anak cucu kita?

Anda musti ingat, potensi penghasilan dalam bisnis jaringan distribusi itu tidak terbatas, dan biasa orang menyebut EXSPONENTIAL tapi sumber daya yang anda miliki sangat terbatas, misalnya waktu anda, tenaga anda, dan sebagainya. Prioritaskan apa yang dapat Anda lakukan dan aturlah sebaik mungkin. Maka dari itu belajarlah dan meminta bimbingan kepada Leader anda untuk membimbing anda ke arah yang lebih baik dan cerdas. Nonton TV? No way!

Btw, saya jarang nonton tv lho!

Bagaimana dengan anda? Setuju jika waktu berharga dipakai untuk kegiatan yang lebih produktif untuk menghasilkan aset yang bisa menghasilkan pasif income dimasa anda tua…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: