Upaya APLI memerangi skema Piramida dan money game

25 10 2008

Bermula dari terbentuknya Task Force APLI tanggal 16 Agustus 2001 di Hotel Gran Melia, Jakarta, maka mulailah kampanye yang sistematis untuk membendung laju skema piramid dan money game. Tanggal 24 Oktober 2001 bertempat di Hotel Century Park, Jakarta, Task Force APLI mengadakan konferensi pers yang dihadiri 20 wartawan. Task Force APLI ini membeberkan hasil temuannya, termasuk memberi presentasi yang sangat jelas dan detail mengenai cara kerja skema piramid atau money game. Sambutan media massa sangat antusias.

Sepanjang tahun 2001, APLI bekerjasama dengan sejumlah pihak, misalnya Depperindag dan YLKI, menyelenggarakan dialog interaktif di sejumlah stasiun televisi tentang IUPB (Izin Usaha Penjualan Berjenjang), kampanye perlindungan konsumen, sekaligus kampanye anti money game. APLI bersama KADIN menggelar seminar mengenai industri DS/MLM dan bahaya praktek-praktek yang mengancam industri ini. Kampanye anti money game melalui iklan di media cetak juga sangat intensif sepanjang tahun.

Dari berbagai aktivitas tadi, APLI merasakan urgensi perangkat hukum yang cakupannya lebih luas dan segera bisa digunakan oleh pihak berwenang. Maka, sekitar bulan Mei-Juni 2002, Tim Penyusun draft RUU Anti Piramid dibentuk. Koen Verheyen (Amway) menjabat sebagi Ketua Tim, dengan anggota-anggota; Helmy Attamimi (Ketua APLI), Upik Susongko, SH (Tupperware), Aan M.Lubis, SH (Amway), Mustangin, SH(CNI), dan Arsul Sani, SH (Tupperware).

Dari evaluasi APLI nampak bahwa IUPB (SK Menperindag No.73 / 2000) yang ditujukan untuk menyaring dan mencegah munculnya praktek skema piramid atau money game, ternyata kurang efektif. Jangkauannya terbatas dan sanksi hanya sanksi administratif (pencabutan izin usaha berjenjang). Padahal, praktek-praktek skema piramid dan money game makin beragam, makin canggih, dan makin marak, sampai ke pelosok-pelosok daerah. Tak sedikit yang berhasil lolos dengan alibi bahwa usaha mereka tidak termasuk dalam wilayah IUPB.

Melihat gelagat itulah, RUU Anti Piramid makin dikedepankan. Draft disusun oleh tim didasarkan pada UU Anti Piramid dari berbagai negara, seperti Amerika, India, Singapura, Thailand, Cina, dan Malaysia. Narasumber berpengalaman di bidang UU Anti Piramid, Scott Balfour dari AS, memberikan banyak masukan. APLI pun mendapat dukungan dari Depperindag. Budiyono, Direktur Perlindungan Konsumen Depperindag, yang bersama-sama sejumlah pengurus APLI mengikuti Kongres WFDSA ke-IX di Toronto September lalu, mendukung penuh aspirasi APLI. Ia menyarankan supaya APLI memasukkan substansi RUU itu dalam peraturan yang lebih rendah tingkatannya dulu, seperti perbaikan IUPB, dan menjangkau sasaran antara berupa Keppres atau Peraturan Pemerintah.

Perlindungan Konsumen
Hal terpenting lain, disadari keterkaitan erat antara substansi RUU Anti Piramid dengan UU Perlindungan Konsumen (UUPK). Jadi , RUU ini punya pijakan yang kokoh. RUU ini punya potensi mendapat dukungan dari institusi perlindungan konsumen, dan kampanye anti money game, APLI bisa bekerja sama dengan LSM-LSM. Ini langkah strategis untuk menumbuhkan sense of urgency di kalangan pemerintah, LSM, dan masyarakat umumnya tentang UU Anti Piramid.

Indikasi sinergi antara APLI dan peran LPKSM (Lembaga Perindungan Konsumen Swadaya Masyarakat), sudah nampak dalam acara lokakarya “Pelatihan SDM dan Perlindungan Konsumen MLM)”, 30-31 Oktober lalu di Hotel Ibis, Kemayoran-Jakarta. Wakil-wakil LPKSM berharap bisa bekerjasama lebih erat dengan APLI. Ini berarti, APLI sebenarnya punya partner strategis dalam memerangi skema piramid dan money game. Semoga sinergi antara APLI, pemerintah, lembaga-lembaga perlindungan konsumen, dan tentu saja media massa dapat semakin mengefektifkan usaha memerangi skema piramid dan money game, serta mempercepat terwujudnya UU Anti Piramid.

source : apli.or.id


Actions

Information

One response

22 01 2009
APLI PERANGI MONEY GAME & PYRAMID « Bratagroup’s

[…] Upaya APLI memerangi skema Piramida dan money game […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: