No Crosslining: Konsultasi

21 10 2008

Pada intinya, berbagi ilmu, bergaul, tidaklah terlalu menjadi masalah dalam crosslining. Yang akan menjadi masalah besar adalah ketika crosslining itu sudah masuk dalam koridor konsultasi.

Seperti yang pernah saya sebutkan, konsultasi tidak dapat dilakukan kepada crossline kita. Pertama, crossline tidak memiliki kepentingan dengan bisnis kita. Kedua, crossline tidak akan mengetahui karakteristik jaringan kita seperti halnya upline kita. Oleh karena itu konsultasi kepada crossline sangat dilarang dalam network marketing, karena akan membahayakan jaringan masing-masing.

Bentuk crosslining yang paling berbahaya adalah ketika para crossliner membahas hal-hal yang negatif. Contoh: “Eh, upline saya kurang memperhatikan jaringan saya ya..? Kalau ke kamu bagaimana..?” Sang crossline lalu menjawab: “Wah, sama euy, kurang memperhatikan juga. Kayaknya kita ini salah punya upline. Bagaimana kalau kita pindah saja ke grup Bapak Anu?” Akhirnya, bisnis kedua orang crossline tersebut hancur.

Dalam berbagi ilmu juga kita harus bisa membatasi diri sampai sejauh mana kita dapat menerapkan ilmu dari crossline. “Jangan ambil konsultasi dari atas panggung.” Artinya, jangan mengambil mentah-mentah ilmu yang didapat dari siapa pun. Konsultasikan kembali dengan garis sponsorisasi kita. Dan itu adalah mutlak.

Kadang karena kita merasa kagum dengan materi yang diberikan oleh seseorang, terlebih jika itu adalah crossline kita, maka tidak ayal lagi timbul perasaan ingin bertanya berkonsultasi dengan crossline tersebut. Kalau secara pribadi bertanya mungkin tidak terlalu bermasalah, tetapi ketika seluruh jaringan di bawah kita kemudian juga turut berkonsultasi, maka siapa yang bisa menjamin jaringan kita telah masuk ke koridor crosslining?

Akibat crosslining, harga mahal harus dibayar oleh sebagian jaringan bisnis di Tianshi. Fenomena perpecahan support system adalah bukti nyata dari crosslining tersebut. Saya sendiri pernah mengalaminya ketika kami sedang mengadakan home sharing, tiba-tiba kami didatangi salah satu crossline kami yang menjelek-jelekan upline kami, tetapi dia memuji-muji crosslinenya. Sejujurnya kami sempat terpengaruh, tetapi untung kami segera berjalan kembali di trek yang benar.

Fakta hari ini, orang-orang yang kemarin jelas-jelas melakukan crosslining perkembangan bisnisnya juga tidak kemana-mana. Justru crossline-nya yang selama ini dipuji-puji yang mendapatkan keuntungan sebagai akibat dari crosslining tersebut. Menggelikan memang, ketika orang tersebut malah mengkonsultasikan jaringannya kepada crossline, bukan kepada uplinenya.

Kalau menurut saya, crosslining yang paling besar dosanya adalah: ghibah & fitnah. Menjelek-jelekan orang lain (ngomongkeun), sirik, membuat gosip tidak baik dengan orang lain, dapat dikategorikan ghibah. Akibatnya sangat fatal. Apalagi fitnah. Mitra senior saya pernah difitnah menyelewengkan dana support system, saya pribadi juga pernah difitnah. Ghibah dan fitnah, bukan hanya berbahaya dalam konteks crosslining, tetapi memang hal itu juga berbahaya dalam kehidupan sehari-hari kita.

Untuk anda yang merasa kehilangan upline, karena mungkin upline jauh dari kota anda, atau upline anda sudah tidak pada aktif, dan upline terdekat ternyata sudah tinggi sekali peringkatnya sehingga sibuk sekali. Maka langkah terbaik adalah belajar dari crossline, bagaimana mereka mengembangkan jaringan, mendengarkan kaset yang disediakan support system. Tetapi batasi diri untuk tidak terlibat terlalu jauh dengan crossline anda dalam hal mengurus jaringan anda sendiri. Anda harus membedakan antara crosslining dengan Good Team Player. Mungkin kaset yang diterbitkan oleh Silver Quantum Network dalam Navigation Pack dapat menjawab solusi masalah Crosslining ini.

Amal baik http://eepinside.com/ yang saya tularkan di http://www.infocoresystem.co.cc/ semoga memberi manfaat bagi pencari makan di bisnis network marketting


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: